Image Alt
Keberlanjutan

Komitmen Terhadap Masa Depan

  /  Keberlanjutan
Keberlanjutan

Mengendalikan Dampak Lingkungan

Kebijakan, Program, Komitmen Semen Indonesia terhadap Lingkungan

Perseroan memahami bahwa kegiatan operasional berdampak terhadap lingkungan, baik dari penggunaan energi sebagai faktor utama produksi maupun eksternalitas fabrikasi berupa emisi (gas rumah kaca/GRK, pencemar udara, dan emisi debu), serta limbah (padat dan cair). Kebijakan Perusahaan menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan untuk mencapai efisiensi energi, pengendalian emisi, serta pengurangan dan pemanfaatan limbah B3 dan/atau non B3.

Keberlanjutan Perseroan mencakup penerapan strategi korporasi jangka pendek maupun jangka panjang dalam mencapai visi Perseroan yang berkelanjutan. Strategi korporasi di rumuskan menjadi 3 pilar +1, yaitu Construction Material, Adjacent Business, dan Regional Expansion, ditambah dengan Cost Transformation. Pilar ini ditunjang System and Structure. People and Culture yang kuat untuk mencapai Commercial Excellence.

Program Perusahaan

SI LESTARI

Melakukan inovasi, menggunakan teknologi terkini yang ramah lingkungan, serta berkontribusi dalam penggunaan energi alternatif terbarukan.

Keberlanjutan

K3 dan Ketenagakerjaan

Kebijakan, Program, Komitmen Semen Indonesia terhadap K3 & Ketenagakerjaan

Karyawan merupakan elemen penting bagi Perseroan dalam rangka mencapai keberlanjutan di masa depan. Kami memprioritaskan investasi peningkatan kompetensi karyawan di setiap jenjang dan fungsi yang sejalan dengan strategi bisnis. Kebijakan ini juga diberlakukan untuk perumusan formulasi inisiatif remunerasi dan manfaat bagi karyawan berbasis ketentuan perundangan yang berlaku. Komitmen kami untuk menciptakan kinerja Kesehatan dan Kesetamatan Kerja (K3) juga menjadi prioritas dengan tercapainya zero fatality accident.

Perseroan mempunyai tanggung jawab menyediakan tempat maupun fasilitas yang aman bagi karyawan dan mitra kerja agar terhindar kejadian berbahaya pada kegiatan operasional perusahaan dan operasi pertambangan. Perseroan berkomitmen mengelola Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk mencegah penyakit dan kecelakaan akibat kerja. Pengelolaan K3 sangat penting untuk memastikan aktivitas perusahaan yang sehat, aman, dan nyaman. Kinerja K3 yang maksimal berdampak signifikan pada jaminan kerja bagi karyawan dan mitra kerja

Pelaksanaan kegiatan K3 mencakup pelatihan secara berkata dan implementasi program-program pencegahan insiden kecelakaan kerja, antara lain:

  1. Program Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R)
  2. Meningkatkan pengetahuan/kompetensi karyawan melalui Sertifikasi Ahli K3 Umum, Sertifikasi Operator Boiler
  3. Program audit internal oleh Internal Audit dan audit eksternal oleh lembaga sertifikasi setiap setahun sekali
  4. Meningkatkan kegiatan P2K3 unit kerja melalui penunjukkan Duta K3
  5. Melakukan kegiatan Safety Talk satu minggu sekali dalam unit kerja
Keberlanjutan

Sosial

Kebijakan, Program, Komitmen Semen Indonesia terhadap Sosial & Kemasyarakatan Masyarakat sekitar wilayah operasi atau komunitas lokal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perseroan sebagai entitas sosial. Keberadaan komunitas lokal memberikan dampak keamanan dan perizinan beroperasi. Di sisi lain, keberadaan Anak Perusahaan dan Business Unit SIG di daerah memberikan dampak ekonomi tidak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, peluang lapangan kerja, dan pembangunan daerah. Oleh karena itu, ekspektasi pemerintah dan masyarakat setempat sangat tinggi terhadap kontribusi Perseroan sebagai BUMN

Perseroan menjalankan program pengembangan masyarakat secara berkesinambungan sesuai dengan rencana strategis yang tertuang dalam cetak biru CSR. Inovasi dan penyempurnaan di lakukan seiring pelaksanaan program, agar dapat direplikasi dengan beberapa penyesuaian di daerah lainnya dan memberikan dampak signifikan terhadap sosial-ekonomi masyarakat sekitar.

Dalam Kebijakan Perusahaan, Perseroan berkomitmen mengendalikan dampak seluruh kegiatan usaha melalui pemberdayaan masyarakat, pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), serta pemenuhan seluruh peraturan pemerintah. Perseroan juga mengalokasikan dana untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Perseroan mengutamakan pelaksanaan 80% program pengembangan masyarakat dan 20% program yang bersifat charity

Program Perusahaan

SI CERDAS

Program Perusahaan SI CERDAS

Mengutamakan pendidikan, pelatihan, dan pendampingan kepada: karyawan bangunan, mitra bisnis lokal, dan calon tenaga kerja lokal melalui pendidikan kejuruan dan keterampilan.
Pelibatan karyawan di berbagai bidang terkait untuk menjadi sukarelawan program CSR melalui kegiatan Employee Volunteering/Social Hour.

Program Kemitraan

Pengumuman & Informasi