Image Alt
Tata Kelola Perusahaan

Road Map & Penilaian Penerapan GCG

  /  Road Map & Penilaian Penerapan GCG

ROAD MAP PENERAPAN GCG

Tujuan dan sasaran awal road map penerapan GCG Perseroan adalah menumbuhkan komitmen Manajemen dalam menerapkan GCG dan senantiasa diikuti langkah penyempurnaan dan konsistensi penerapannya. Perseroan telah menetapkan gambaran tahapan penerapan GCG Perseroan dengan tujuan menjadi perusahaan yang beretika dan bertanggung jawab, dengan menjadikan praktik tata kelola yang baik sebagai budaya dalam pengelolaan perusahaan, sebagai berikut:

STANDAR KUALITAS PENERAPAN GCG

Untuk memastikan kualitas penerapan GCG, Perseroan mengadopsi standar terbaik dalam penerapan GCG, baik yang berlaku di Internasional maupun di Indonesia, antara lain kriteria dan metodologi yang ditetapkan oleh Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara No SK-16/S.MBU/2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian Dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka. Standar-standar tersebut mengatur peran Dewan Komisaris menjalankan fungsi pengawasannya untuk memastikan bahwa kepengurusan Perusahaan dilaksanakan oleh Direksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan memberikan nasihat/pendapat atas tindakan/kegiatan strategis yang akan dan telah dilaksanakan oleh Direksi secara hati-hati untuk mencapai tujuan Perseroan.

Direksi menegaskan dalam menjalankan fungsi kepengurusannya dilaksanakan secara amanah dan profesional serta menghindari terjadinya segala potensi benturan kepentingan. Demikian juga dengan organ-organ GCG lainnya yang saling bersinergi untuk menciptakan seluruh kegiatan operasional Perseroan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

PENILAIAN PENERAPAN GCG

Sejak tahun 2009 Semen Indonesia melakukan penilaian (assessment) penerapan GCG setiap tahunnya (kecuali tahun 2013). Penilaian bertujuan untuk mengetahui tingkat kecukupan penerapan GCG di Perseroan, yang pelaksanaannya dilakukan oleh tim internal, asesor independen juga instansi pemerintah yaitu BPKP Provinsi Jawa Timur.

Penilaian yang dilakukan oleh Semen Indonesia menggunakan berbagai acuan standar praktik terbaik yang berlaku di Indonesia maupun yang berlaku di luar negeri.

Assessment menjadi bagian dari mekanisme check and balances. Dengan assessment, maka capaian kegiatan dapat diketahui dengan pasti dan tindakan lebih lanjut untuk memperbaiki kinerja suatu kegiatan dapat ditetapkan. Perseroan secara berkala melakukan pengukuran implementasi GCG. Hal ini dilakukan untuk memperoleh penilaian yang objektif mengenai implementasi GCG di Perseroan.

Assessment GCG di Perseroan dapat dilakukan secara mandiri oleh internal Perseroan ataupun dengan menggunakan jasa pihak independen (evaluasi eksternal).

Perseroan melakukan pengukuran terhadap penerapan GCG dalam bentuk:

  1. Penilaian (assessment) yaitu program untuk mengidentifikasi pelaksanaan GCG di BUMN melalui pengukuran pelaksanaan dan penerapan GCG di BUMN yang dilaksanakan secara berkala.
  2. Evaluasi (review), yaitu program untuk mendeskripsikan tindak lanjut pelaksanaan dan penerapan GCG di BUMN, yang meliputi evaluasi terhadap hasil penilaian dan tindak lanjut atas rekomendasi perbaikan.

Tahun 2019, Semen Indonesia melaksanakan assessment sebagai salah satu langkah untuk mengukur kualitas penerapan GCG. Penilaian dilakukan oleh PT Sinergi Daya Prima yang merupakan penilai independen dengan mengukur implementasi perusahaan terhadap berbagai macam fungsi yang ada di Perseroan.

 

KRITERIA YANG DIGUNAKAN

Penilaian GCG dilakukan dengan menggunakan parameter Company Corporate Governance Scorecard, yang dikeluarkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No: SK-16/S.

MBU/2012 tentang Indikator Parameter Penilaian dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara yang diterbitkan pada tanggal 6 Juni 2012.

 

PIHAK YANG MELAKUKAN ASSESSMENT

Tahun 2019, assessment GCG dilakukan oleh PT Sinergi Daya Prima Pencapaian Skor GCG pada tahun buku 2019 adalah sebesar 94,54.