Image Alt
Tata Kelola Perusahaan

Pernyataan Komitmen GCG

  /  Pernyataan Komitmen GCG

Perseroan memiliki keyakinan bahwa penerapan GCG akan mendorong terciptanya persaingan yang sehat dan iklim usaha yang kondusif. Selain itu, pelaksanaan GCG juga menjadi bagian penting dalam menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi yang berkelanjutan. Pemahaman ini mendasari komitmen Perseroan untuk senantiasa menegakkan penerapan GCG dalam setiap jenjang organisasi dan kegiatan operasionalnya.

Melalui komitmen yang tinggi dan konsistensi terhadap penerapan tata kelola perusahaan yang baik, Perseroan meyakini akan dapat mencegah praktik-praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta meningkatkan fungsi pengawasan dalam pengelolaan Perseroan.

Komitmen Manajemen atas kepatuhan terhadap GCG terdiri dari beberapa kebijakan dan ketentuan terkait, di antaranya:

  • Seluruh Jajaran Perseroan berkomitmen melaksanakan seluruh aturan dan kebijakan sebagai bagian dari upaya menerapkan praktik terbaik tata kelola perusahaan. Komitmen tersebut ditunjukkan oleh Jajaran Manajemen Puncak dengan selalu mendasarkan seluruh keputusan dan penetapan kebijakan pokok perusahaan pada aturan-aturan dan undangundang yang relevan.
  • Manajemen Puncak mempelopori pelaksanaan penandatanganan Surat Pernyataan Kepatuhan terhadap Pedoman Perilaku Etika, Surat Pernyataan Benturan Kepentingan dan Surat Pernyataan Kepemilikan Saham untuk mematuhi seluruh aturan yang terkandung pada pedoman perilaku etika perusahaan. Pernyataan Kepatuhan terhadap Pedoman Perilaku Etika ditandatangani oleh seluruh jajaran Perseroan hingga level pelaksana.
  • Penetapan KPI terkait implementasi GCG.
  • Penetapan tugas dan tanggung jawab dari setiap fungsi yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan pengendalian internal perusahaan.
  • Pengelolaan pengendalian internal perusahaan, pencapaian target, merancang kebijakan prosedur dan pengendalian pengungkapan, dokumentasi, pelaporan, dan menyediakan pernyataan tertulis mengenai tanggung jawab atas sistem pengendalian internal Perseroan dan hasil self assessment yang dilakukan secara periodik.