Image Alt
Tata Kelola Perusahaan

Mekanisme Pengaduan (Whistleblowing System)

  /  Mekanisme Pengaduan (Whistleblowing System)

MEKANISME PENGADUAN (WHISTLEBLOWING SYSTEM)

Sebagai wujud komitmen implementasi GCG, SIG menerirna pelaporan atas dugaan terjadinya pelanggaran baik dari pihak internal (Insan SIG) maupun pihak eksternal (seperti pelanggan, pemasok, masyarakat dll). Pelapor anonim atau pelapor dengan identitas palsu dapat diterima, dan SIG menerima dan menindaklanjuti laporan pelanggaran dari pelapor baik mencantumkan identitasnya maupun yang anonim. Jika memungkinkan, pelaporan dilakukan secara tertulis dan dilengkapi dengan bukti pendukung seperti dokumen yang berkaitan dengan tindakan/transaksi yang dilakukan dan/atau pelaporan pelanggaran yang akan disampaikan. Pelaporan yang dilakukan oleh Pihak Eksternal akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait termasuk jika dipandang pertu kepada hukum sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

SIG melindungi Pelapor baik Insan SIG ataupun eksternal, yang dimaksudkan untuk mendorong keberanian melaporkan pelanggaran dan menjamin kerahasiaan pelapor maupun keluarganya. Perlindungan tidak diberikan kepada pelapor yang terbukti melakukan pelaporan palsu dan/atau fitnah. Pelapor yang menginginkan dirinya tetap dirahasiakan diberikan jaminan atas kerahasiaan identitas pribadinya, kecuali dalam hal proses hukum memerlukan dibukanya identitas pelapor.

 

Pelaporan pelanggaran dapat disampaikan melalui saluran berikut:

Telepon

:

(021) 5261174 ext. 8089

Email   

:

semenindonesiabersih@sig.id

Surat

:

Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran (TP3)

U/P Sekretaris Perusahaan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

South Quarter Tower A Lt. 19-20

Jl. RA Kartini Kav. 8, Jakarta Selatan 12430, Indonesia