Image Alt
Tata Kelola Perusahaan

Manajemen Risiko

  /  Manajemen Risiko

MANAJEMEN RISIKO

SIG berkomitmen untuk senantiasa menjadikan manajemen risiko sebagai bagian yang terintegrasi dan membudaya dalam praktik bisnis dan pengambilan keputusan perusahaan, sehingga secara berkesinambungan mampu mendukung tercapainya sasaran perusahaan melalui pengelolaan risiko.

Manajemen risiko di SIG dilakukan untuk mengurangi dampak (likelihood) dan/atau kemungkinan (consequence) yang mempengaruhi pencapaian sasaran. Implementasi manajemen risiko di SIG dibagi menjadi sebagai berikut :

  1. Pengelolaan Risiko dalam rangka pengamanan untuk mencapai sasaran perusahaan, termasuk dalam melakukan implementasi sistem manajemen berbasis risiko seperti sistem manajemen mutu dan sistem manajemen anti penyuapan.
  2. Pengelolaan Risiko dalam rangka mengidentifikasi Risiko Keselamatan dan Kesehatan kerja dan Dampak Lingkungan di perusahaan termasuk dalam melakukan implementasi sistem manajemen berbasis risiko seperti sistem manajemen K3 dan lingkungan.

 

Pengelolaan risiko SIG dilakukan sesuai struktur penerapan manajemen risiko sesuai gambar di atas, dengan mengacu kepada ISO 31000:2018 Risk Management – Principles and Guidelines dan ditunjang dengan aplikasi risiko.sig.id dengan dokumentasi yang terdiri dari Risk Register, Laporan Risiko Korporat, Laporan Pengendalian Risiko, dan hasil Assesmen Risk Maturity Level. SIG juga mengelola Sistem Manajemen Anti Penyuapan berbasis ISO 37001:2016 dengan menerapkan Penilaian Risiko Penyuapan (Bribery Risk Assessment) dan menetapkan kriteria untuk mengevaluasi tingkat risiko penyuapan.

Kajian risiko (risk opinion) merupakan bagian dari dokumentasi manajemen risiko SIG yang digunakan sebagai pertimbangan dan wujud prinsip kehati-hatian dalam pengambilan keputusan dari suatu proses bisnis. Peran aktif unit Enterprise Risk Management, seluruh unit kerja di SIG selaku business process&risk owner, dan monitoring yang dilakukan oleh Komite Strategi & Manajemen Risiko merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan risiko di SIG. Seluruh person di unit Enterprise Risk Management telah memiliki sertifikasi di bidang manajemen risiko, seperti Enterprise Risk Management Associate Professional (ERMAP) dan Enterprise Risk Management Certified Professional  (ERMCP).

 

RISIKO KORPORAT SIG

Selama tahun 2020, SIG menghadapi dan melakukan mitigasi risiko atas Risiko Korporat sebagai berikut:

  1. Risiko Kompetisi Bisnis, yaitu terjadinya kompetisi bisnis yang semakin ketat di bidang persemenan dan building mat SIG melakukan mitigasi melalui transformasi strategi marketing dan diversifikasi produk SIG sesuai kebutuhan konsumen.
  2. Risiko Human Capital, yaitu perkembangan perusahaan yang semaki luas baik dari segi kapasitas dan lini bisnis, membutuhkan human capital yang kompeten & capable. SIG melakukan mitigasi risiko melalui pemenuhan kompetensi & capability karyawan untuk mendukung transformasi dan program strategis perusahaan.
  3. Risiko Lingkungan, Sosial & Tata Kelola (Environment, Social & Governance/ESG), yaitu bahwa SIG selaku BUMN dan emiten memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan bisnis sesuai dengan ketentuan yang berlaku, antara lain yang terkait dengan aspek ESG. Mitigasi yang dilakukan adalah dengan menyusun dan menjalankan sustainability roadmap SIG dan secara periodik melakukan monitoring, review dan penyempurnaan atas hasil ESG rating.

 

Untuk peningkatan berkelanjutan terhadap manajemen risiko di SIG dilakukan evaluasi dan penyempurnaan berkelanjutan terhadap pelaksanaan manajemen risiko (Risk Maturity Level Assessment) dengan hasil sebagai berikut:

Tahun

Risk Maturity Level (RML)

Assessor  RML

2009

3,39

BPKP Provinsi Jawa Timur

2011

3,48

BPKP Provinsi Jawa Timur

2013

3,7

BPKP Provinsi Jawa Timur

2015

3,9

PT Interlink Technologi Indonesia

2017

4,02

PT Interlink Technologi Indonesia

2018

3,7

PT Interlink Technologi Indonesia

2019

3,71

PT Jagad Prima Mandiri

 

Penilaian Risk Maturity Level tersebut juga telah dilakukan secara konsisten di anak perusahaan SIG yang bergerak di bidang persemenan.