Image Alt
Tata Kelola Perusahaan

Evaluasi & Implementasi

  /  Evaluasi & Implementasi

Evaluasi & Implementasi

Perusahaan melakukan penilaian penerapan Praktik-praktik GCG dengan tujuan mengukur kedalaman penerapan praktik-praktik GCG sambil mendapatkan umpan balik tentang peningkatan di masa depan. Pengembangan dan penerapan GCG adalah bentuk komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis dan akuntabilitas dalam jangka panjang yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan, dalam bentuk peningkatan kinerja dan penciptaan citra perusahaan yang baik. Penilaian penerapan GCG Perusahaan pada tahun 2016 dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN Nomor: SK-16 / S.MBU / 2012 tentang Indikator Parameter untuk Penilaian dan Evaluasi Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada Badan Usaha Milik Negara yang dikeluarkan pada 6 Juni 2012 (“BUMN Scorecard“).

Berdasarkan Indeks Persepsi Tata Kelola Perusahaan (“Indeks CGPI”) oleh Institut Tata Kelola Perusahaan Indonesia (IICG).

Berdasarkan pada Asean Good Corporate Governance Scorecard (“Asean CG Scorecard’) oleh Institut Indonesia untuk Corporate Directorship (IICD).

 

1. Penilaian GCG Berdasarkan pada BUMN Scorecard

Sejak 2009, Perusahaan telah melakukan penilaian penerapan praktik-praktik GCG dengan tujuan mengukur kedalaman penerapan praktik-praktik GCG sementara pada saat yang sama mendapatkan umpan balik atas peningkatannya di masa depan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan parameter Corporate Corporate-ance Scorecard Perusahaan, yang dikeluarkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No: SK-16 / S.MBU / 2012 tentang Parameter Indikator untuk Evaluasi dan Evaluasi Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) di BUMN yang diterbitkan pada 6 Juni 2012.

Pada 2015 untuk pertama kalinya, Perusahaan melakukan Indeks Penilaian Mandiri GCG melalui Tim Penilaian Mandiri Internal (Penilaian Mandiri 2015). Metodologi yang digunakan adalah mengevaluasi tindak lanjut dari 46 Area Peningkatan (“A01”) pada rekomendasi dari hasil penilaian mandiri 2014, dalam bentuk 8 AOl yang ditindaklanjuti, dan 36 dalam proses tindak lanjut.

Untuk 2016, Perusahaan, dibantu oleh PT Sinergi Daya Prima, menilai penerapan GCG pada 2016 menggunakan metodologi yang sama dengan metodologi pada penilaian 2014. Pencapaian skor Indeks GCG di 2016 adalah 92,23. Hasil penilaian GCG 2016 menggunakan metode penilaian yang berbeda dengan penilaian mandiri 2015, sehingga hasil 92,23 akan relevan jika disandingkan dan dibandingkan dengan hasil penilaian pada 2014 oleh penilai independen BPKP Provinsi Jawa Timur.

Nilai Indeks GCG yang terus meningkat sejak 2008 mencerminkan komitmen Perusahaan untuk menerapkan praktik-praktik terbaik GCG di dalam Perusahaan. Ringkasan hasil evaluasi / evaluasi. implementasi Perusahaan, GCG dari 2009 hingga 2016 menggunakan kriteria SOE Scorecard adalah sebagai berikut:

 

 

2. Penilaian GCG Berdasarkan Indeks CGPI

Partisipasi Perusahaan dalam Indeks CGPI 2016 adalah yang pertama kalinya. Program Indeks CGPI menggunakan tiga (3) ruang lingkup penerapan GCG dalam perspektif keberlanjutan yang terdiri dari ruang lingkup kepatuhan (comithance), ruang lingkup kesesuaian (conformance), dan ruang lingkup kinerja (performance). Bobot penilaian CGPI menggunakan metode ANP (Analytical Network Process) untuk mengukur tingkat kepentingan dan hubungan antara aspek, ruang lingkup, dan tahap fokus dan penilaian dalam metodologi Indeks CGPI. Pemeringkatan Indeks CGPI menggunakan norma penilaian berdasarkan rentang nilai yang dicapai oleh peserta dengan mengkategorikan istilah “Tepercaya”. Bobot penilaian Indeks CGPI dan nilai yang diperoleh Perusahaan pada tahun 2016 adalah sebagai berikut:

 

 

3. Penilaian GCG Berdasarkan ASEAN CG Scorecard

Asean CG Scorecard adalah alat kualitatif untuk mengukur kepatuhan perusahaan terbuka di ASEAN terhadap pedoman GCG sesuai dengan praktik teladan berdasarkan standar internasional, terutama prinsip-prinsip GCG yang dikeluarkan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Bobot penilaian ASEAN CG Scorecard dan nilai yang diperoleh Perusahaan pada tahun 2016 adalah sebagai berikut: